Google telah mengumumkan sinyal peringkat baru

Google telah mengumumkan bahwa secara resmi akan mulai memasukkan metrik pengalaman pengguna ke dalam peringkat dalam waktu dekat.

Mesin pencari mengumumkan sinyal Pengalaman Halaman baru yang menggabungkan Core Web Vitals dengan sinyal UX yang ada untuk memberikan pandangan menyeluruh tentang kualitas pengalaman pengguna pada halaman web.

Google
Google

Sebagai bagian dari pembaruan, Google juga akan menyematkan metrik UX dalam kriteria peringkat untuk Top Stories dalam pencarian seluler dan menghapus persyaratan untuk menggunakan AMP untuk menampilkan konten dalam blok ini.

Karena itu, Google akan terus mendukung AMP dan menautkan ke halaman yang dipercepat jika perlu. Perusahaan juga memperbarui alat pengembangnya untuk membantu pemilik situs mengoptimalkan pengalaman pengguna di halaman web mereka.

Luncurkan timeline

Google memahami bahwa banyak pemilik situs saat ini sibuk dengan konsekuensi dari epidemi COVID-19, sehingga perubahan peringkat yang diumumkan tidak akan diluncurkan hingga 2021.

Pada saat yang sama, Google akan memperingatkan webmaster tentang ini setidaknya enam bulan sebelum peluncuran.

Mesin pencari telah menyediakan webmaster dengan alat untuk membantu mereka mendapatkan gagasan tentang indikator-indikator ini dan mengoptimalkannya, tetapi tidak ada kebutuhan mendesak untuk mengambil tindakan apa pun saat ini.

Apa itu Page Experience

Menurut dokumentasi resmi Google, Page Experience adalah serangkaian sinyal yang menunjukkan bagaimana pengguna mempersepsikan interaksi dengan halaman di luar nilai informasinya.

Sinyal ini menggabungkan Core Web Vitals (satu set metrik yang mengukur pengalaman pengguna pada halaman dengan kriteria seperti efisiensi pemuatan, interaktivitas, dan stabilitas visual) dan metrik seperti keramahan-seluler, Penjelajahan Aman, HTTP, dan Rekomendasi untuk iklan pengantara intrusif.

Google percaya bahwa mengoptimalkan faktor-faktor ini membuat web lebih menarik bagi pengguna di semua browser web dan membantu situs berkembang sesuai dengan harapan pengguna seluler.

Metrik semacam ini lebih banyak di masa mendatang

Google juga mencatat bahwa Google terus berupaya mendefinisikan dan mengukur berbagai aspek pengalaman pengguna dengan halaman. Dengan demikian, perusahaan berencana untuk menanamkan lebih dari sinyal-sinyal ini setiap tahun, sejalan dengan meningkatnya harapan pengguna dan perluasan aspek terukur dari UX.

Google Tools untuk Mengoptimalkan Faktor-Faktor Ini

Untuk membantu webmaster mengoptimalkan aset mereka untuk perubahan yang akan datang, Google telah memperbarui alat pengembang populer seperti Lighthouse dan PageSpeed ​​Insights. Mereka sekarang juga berisi informasi tentang Core Web Vitals.

Google juga memberikan laporan terkait di Search Console, menggantikan laporan kecepatan unduhan. Laporan baru disebut Metrik Internet Utama.

Insinyur Google saat ini bekerja untuk menambahkan Core Web Vitals ke alat lain yang ditawarkan perusahaan.

Peringkat setelah sinyal baru disuntikkan

Sementara semua komponen Halaman Pengalaman penting, Google akan memprioritaskan halaman dengan "informasi keseluruhan terbaik", bahkan jika beberapa aspek pengalaman pengguna halaman rendah.

Menurut Google, Pengalaman Halaman yang baik tidak lebih penting daripada memiliki kualitas, konten yang relevan. Namun, dalam kasus di mana terdapat beberapa halaman dengan konten yang sama, Pengalaman Halaman menjadi lebih penting untuk visibilitas pencarian.

Google berharap bahwa dengan memasukkan sinyal baru ke dalam pencarian, mereka akan membantu menjadikan Internet tempat yang lebih baik untuk semua orang. Sebagai pengingat, mesin pencari pertama kali memperkenalkan metrik Core Web Vitals yang ditetapkan awal bulan ini.