Mengapa merek itu penting dalam pemasaran?

December 17, 2019 ・0 comments


Ada banyak kebingungan tentang merek, ada banyak definisi. Jadi apa mereknya? Beberapa dekade yang lalu, merek didefinisikan sebagai nama, slogan, tanda, simbol atau desain, atau kombinasi dari elemen-elemen ini yang mengidentifikasi produk atau layanan perusahaan.
brand, layanan atau produk perusahaan


Merek diidentifikasi dari unsur-unsur yang membedakan barang dan / atau jasa dari pesaing.

Saat ini, merek ini sedikit lebih kompleks, tetapi bahkan lebih penting dalam dunia pemasaran saat ini.

Ini adalah persepsi yang dimiliki konsumen ketika dia mendengar atau berpikir tentang nama, layanan atau produk perusahaannya.

Yang mengatakan, kata "merek" adalah target yang bergerak dan berkembang dengan perilaku konsumen.

Anggap saja sebagai citra mental siapa Anda sebagai perusahaan mewakili konsumen, dipengaruhi oleh elemen, kata-kata, dan kreativitas yang mengelilinginya.

Apa yang harus dilakukan merek?

Pengembangan merek tidak hanya tentang mendapatkan target pasar Anda untuk memilih Anda daripada pesaing, tetapi juga tentang membuat pelanggan potensial Anda melihat Anda sebagai satu-satunya penyedia solusi untuk masalah atau kebutuhan Anda.

The   tujuan yang merek yang baik akan mencapai   antara lain:

  • Jelas, sampaikan pesannya
  • Konfirmasikan kredibilitas Anda.
  • Hubungkan secara emosional pelanggan potensial Anda dengan produk dan / atau layanan Anda.
  • Memotivasi pembeli untuk membeli
  • Ciptakan loyalitas pengguna

Merek dan pengertian klien Anda

Untuk berhasil dalam merek, Anda harus memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan dan prospek Anda.

Ini dicapai dengan mengintegrasikan strategi merek Anda melalui perusahaan Anda di semua titik kontak publik.

Pikirkan merek sebagai ekspresi siapa Anda sebagai perusahaan atau organisasi dan apa yang ditawarkannya. Apakah itu terdengar sulit?  Pikirkan seperti ini jika sebuah merek dapat berbicara itu akan mengatakan:

  • Saya ________________.
  • Saya ada karena ________________.
  • Jika Anda berhubungan dengan siapa saya dan mengapa saya ada, saya mungkin menyukai Anda, Anda dapat membeli saya dan Anda dapat memberi tahu orang lain tentang saya.

Ketika konsumen mulai mengidentifikasi diri Anda, merek Anda akan hidup dalam hati dan pikiran pelanggan, serta prospek.

Ini adalah jumlah total dari pengalaman dan persepsi mereka, beberapa di antaranya dapat memengaruhi dan yang lain tidak.

Pentingnya merek

Merek yang solid sangat berharga karena pertempuran untuk pelanggan semakin meningkat dari hari ke hari. Penting untuk menginvestasikan waktu dalam meneliti, mendefinisikan, dan mengembangkan merek Anda. Bagaimanapun, merek Anda adalah sumber janji bagi konsumen Anda.

Merek Anda adalah bagian mendasar dalam komunikasi pemasaran Anda dan yang tidak ingin Anda lakukan tanpanya. Penciptaan merek strategis dan pemasaran bersifat taktis dan apa yang Anda gunakan untuk membuat merek Anda menjangkau konsumen. Itulah sebabnya mengapa ia juga sangat penting dalam bisnis atau organisasi.

Merek berfungsi sebagai panduan untuk memahami tujuan dari tujuan bisnis. Ini memungkinkan Anda untuk menyelaraskan rencana pemasaran dengan tujuan-tujuan tersebut dan memenuhi strategi keseluruhan.

Efektivitas merek tidak hanya terjadi sebelum pembelian, tetapi juga tentang kehidupan merek dari pengalaman yang diberikannya kepada konsumen.

Apakah produk atau layanan memiliki kinerja yang diharapkan? Apakah kualitas sebagus yang dijanjikan atau lebih baik? Bagaimana pengalaman layanan itu?  Jika Anda bisa mendapatkan jawaban positif untuk pertanyaan-pertanyaan ini, Anda telah menciptakan pelanggan yang loyal.

Merek tidak hanya menciptakan pelanggan setia, tetapi menciptakan karyawan yang loyal. Merek memberi mereka sesuatu untuk dipercaya, sesuatu untuk didukung. Ini membantu mereka memahami tujuan organisasi atau bisnis.

Daftar periksa dasar untuk mengevaluasi merek Anda

Merek itu bisa membingungkan, jadi bagaimana Anda bisa tahu apakah merek Anda cukup kuat untuk memberi Anda nilai internal dan eksternal yang Anda butuhkan dalam pemasaran Anda?

  • Apakah merek Anda berhubungan dengan audiens target Anda? Akankah mereka "mendapatkannya" secara instan tanpa berpikir terlalu banyak?
  • Apakah merek Anda berbagi keunikan dari apa yang ditawarkannya dan mengapa itu penting?
  • Apakah itu mencerminkan janji merek yang Anda buat kepada siapa yang Anda targetkan, serta audiens internal Anda?
  • Apakah merek Anda mencerminkan nilai-nilai yang ingin Anda wakili sebagai pelanggan?

Izinkan pertanyaan ini untuk memandu pengembangan merek Anda. Jika jawabannya tidak jelas, Anda mungkin ingin kembali ke papan dan menyempurnakan proses pengembangan merek.

Sebuah merek haruslah "ah-ha" instan yang membutuhkan sangat sedikit pemikiran dan kontemplasi.

Bedakan merek Anda untuk menciptakan nilai

Untuk membedakan produk atau layanan Anda, yaitu membuatnya lebih menarik bagi konsumen niche Anda daripada produk atau layanan pesaing Anda, Anda perlu mengenal konsumen Anda dengan sangat baik.

Semakin banyak Anda mengenal audiens target Anda, semakin Anda dapat membedakan. Semakin banyak perbedaan, semakin sering Anda mencapai target. Pendekatan untuk segmen dan divisi pemasaran ini selalu merupakan jalan yang harus ditempuh.

Kembangkan strategi Blue Ocean dengan riset pasar

Strategi Blue Ocean  (pendekatan Zen yang menggerakkan strategi ke perairan yang belum terbukti dan berpikir dengan cara yang inovatif) bergantung pada riset pasar yang sangat baik untuk strategi diferensiasinya.

Kecerdasan kompetitif adalah suatu bentuk riset pasar yang dapat memberikan data yang diperlukan untuk menghindari pemikiran Laut Merah (yang statis dan terbatas), dan akan membantu Anda mengidentifikasi berbagai cara untuk memindahkan pendekatan pemasaran Anda ke cara yang paling diidamkan. Pikirkan Blue Ocean.

Buat profil konsumen berdasarkan penelitian dan orang-orang

Target pasar dapat didefinisikan lebih lanjut dengan membangun profil konsumen khusus.

Berbagai teknik riset pasar dapat digunakan untuk membuat profil atau karakter konsumen ini, termasuk yang tercantum di bawah ini.

Alasan mengapa hal ini bermanfaat adalah karena Anda secara alami akan menggunakan jenis strategi pemasaran yang berbeda jika Anda ingin menjangkau warga lanjut usia di atas 70 tahun yang masih menikah dengan telepon rumah dibandingkan Millenial yang berasal dari dunia digital.

Studi kasus yang membedakan produk dan layanan

Perusahaan yang tahu bagaimana melakukan investigasi pasar (dan menggunakan temuan penelitian secara efektif) dapat menciptakan keunggulan kompetitif yang hebat di pasar.

Karena imitasi adalah bentuk sanjungan tertinggi, ada baiknya membaca kisah sukses merek pemasaran utama yang tahu cara menggunakan riset pasar untuk keuntungan mereka untuk berbagai tujuan.

Pangsa pasar direncanakan untuk peluncuran suatu produk

Untuk maju dari kurva, Anda mungkin perlu menemukan penawaran terbaik untuk segmen pasar yang berbeda menggunakan sesuatu yang disebut Baynesian Market Simulator.

Seperangkat alat komprehensif ini menciptakan jaringan yang "mensimulasikan" pangsa pasar berdasarkan fitur-fitur utama dan tidak memerlukan eksperimen baru dan seringkali mahal.

Banyak profesional telah menemukan bahwa menguji situasi yang berbeda berdasarkan penelitian utama yang ada adalah cara untuk pergi.

Kembangkan strategi bisnis khusus segmen

Semakin banyak Anda tahu tentang segmen pasar target Anda, semakin mudah untuk memindahkan konsumen ke atas untuk menjadi penginjil yang mengadvokasi merek Anda.

Pendekatan untuk niat baik dan duta segmentasi pasar ini membawa pengetahuan konsumen ke tingkat yang sangat strategis.
Memilih strategi merek terbaik


Memilih strategi merek terbaik

Tentukan tujuan merek Anda dan waktu strategi Anda

Definisi yang jelas tentang audiens merek Anda dan tujuan yang ingin Anda capai sangat penting untuk manajemen merek yang efektif. Apa tujuan yang ingin Anda capai dengan merek Anda?

Mendefinisikan merek

Istilah "merek" berakar di barat lama: merek itu dibakar di kulit sapi untuk menunjuk properti. Tentu saja, konsepnya telah banyak berkembang sejak saat itu, tetapi makna implisitnya tetap sama.

Merek adalah sesuatu yang menandai perusahaan atau layanan Anda sebagai unik.

Ini termasuk namanya, tetapi juga mencakup persepsi publik tentang nama itu. Ini membawa hal-hal tertentu ke pikiran, idealnya layanan berkualitas atau produk disampaikan dengan keunggulan yang tidak dicapai oleh perusahaan lain.

Imitasi adalah bentuk sanjungan yang paling tulus, tetapi Anda tidak ingin menjadi peniru. Tujuan Anda adalah menjadi orang yang awalnya membuka jalan.

Tujuan dari merek Anda

Merek Anda harus terdiri dari kepribadian dan citra perusahaan Anda, serta kompetensi dan karakteristik utamanya.

Kesan yang Anda buat, serta kata-kata yang akan digunakan orang untuk menggambarkan perusahaan Anda kepada orang lain, adalah kerangka dasar merek Anda.

Ini akan menciptakan kredibilitas dengan merek yang kuat dan akan memiliki lebih banyak pengaruh di pasar Anda. Itu harus memotivasi pelanggan dan pelanggan untuk membeli dari Anda.

Ketika sebuah merek berhasil, orang akan melihat perusahaan Anda sebagai pemimpin, bukan sebagai pengikut.

Tentukan tujuan merek Anda

Tanyakan kepada diri Anda dua pertanyaan kunci untuk membantu menentukan tujuan merek Anda. Apa yang ingin merek Anda lakukan untuk perusahaan Anda? Dan apa yang Anda ingin orang lain ketahui dan katakan tentang produk atau layanan Anda?

Beberapa tujuan sampel mungkin termasuk diakui saat menerima penghargaan tertentu, memilih sejumlah proyek pilihan, memperoleh sejumlah klien baru di tahun berikutnya dan / atau memposisikan perusahaan Anda sebagai pemimpin industri di tahun berikutnya. bulan

Buat garis waktu

Anda mungkin menemukan bahwa lebih mudah untuk mengembangkan rencana aksi untuk mencapai tujuan Anda jika Anda mendefinisikannya dalam suatu jangka waktu tertentu.

Anda dapat menyusun rencana tentang cara mencapainya dengan mendefinisikan tujuan Anda dengan cara ini. Tujuan Anda mungkin untuk memposisikan perusahaan Anda sebagai pemimpin industri.

Bagaimana Anda bisa melakukan ini?  Anda dapat mengatur agar anggota tim Anda berbicara di pameran, atau menjadwalkan konferensi pada pertemuan kelompok profesional dalam industri Anda.

Anda mungkin ingin menulis dan menerbitkan artikel di koran, majalah, atau media online.

Ketika Anda telah menentukan tujuan Anda, langkah selanjutnya adalah membangun dan mengembangkan strategi merek Anda dengan mendaftar bagaimana, kapan dan apa yang akan Anda lakukan untuk mencapai dan mencapainya.

Gunakan pertanyaan di atas untuk menentukan apa tujuan merek Anda, kemudian daftarkan masing-masing dan rencanakan bagaimana Anda berencana untuk mencapainya dan berhasil mencapainya.

Jangan berhenti di situ, dan jangan lupa timeline itu. Setelah selesai, luangkan waktu untuk membuat daftar apa yang dapat Anda lakukan bulan ini atau selama kuartal ini untuk memenuhi tujuan tertentu.

Spesifik dan jadwalkan item tindakan ini dalam kalender bisnis Anda.

Bagaimana mengembangkan strategi merek Anda

Panduan langkah demi langkah

Mengembangkan strategi merek dapat menjadi salah satu langkah paling sulit dalam proses perencanaan pemasaran.

Seringkali elemen yang menyebabkan sebagian besar perusahaan tantangan terbesar, tetapi merupakan langkah penting dalam penciptaan identitas perusahaan.

Strategi merek Anda akan mengidentifikasi tiga komponen utama bisnis Anda berikut ini, dan kemudian Anda dapat menggunakannya sebagai model dalam mengembangkan strategi dan taktik pemasaran Anda .

  1. Tujuan: Bisnis Anda harus memiliki tujuan fungsional dan disengaja.
  2. Konsistensi: Tanpa konsistensi, sebuah perusahaan akan mengalami kesulitan untuk bertahan hidup.
  3. Dampak emosional: emosi adalah apa yang membantu klien terhubung dengan Anda. Strategi merek membantu Anda mengembangkan emosi yang Anda kejar.

Identitas merek Anda akan dikomunikasikan berulang kali, dalam berbagai cara, sering dan secara konsisten sepanjang kehidupan bisnis Anda.

Untuk mulai mengembangkan strategi merek Anda, Anda harus memahami keempat komponen pemasaran ini:

  • Pelanggan sasaran utama dan / atau klien
  • Persaingan
  • Gabungan produk dan layanan
  • Proposal penjualan tunggal

Dengan mengidentifikasi komponen-komponen ini dari rencana pemasaran Anda, Anda telah menciptakan dasar untuk merancang strategi merek Anda.

Proses branding yang efektif akan menciptakan identitas unik yang membedakannya dari pesaing. Itulah sebabnya sering dianggap sebagai jantung dari strategi kompetitif.

Penciptaan strategi merek Anda dapat dengan mudah dilakukan dengan mengikuti panduan langkah demi langkah di bawah ini.
branding


Apa itu branding?

Merek yang solid sangat berharga karena pertempuran untuk pelanggan semakin meningkat dari hari ke hari. Penting untuk menginvestasikan waktu dalam meneliti, mendefinisikan, dan mengembangkan merek Anda.

Bagaimanapun, merek Anda adalah sumber janji bagi konsumen Anda. Ini adalah bagian mendasar dalam komunikasi pemasaran Anda dan yang tidak Anda inginkan.

Cara mendefinisikan merek Anda

Ini adalah langkah pertama dalam proses pengembangan strategi merek Anda. Dengan menentukan siapa merek Anda, Anda akan menciptakan dasar yang menjadi dasar semua komponen lainnya. Definisi merek Anda akan menjadi tolok ukur Anda ketika mengevaluasi setiap dan semua materi pemasaran  dan strategi  .

Tentukan tujuan merek Anda

Definisi yang jelas dari audiens merek dan tujuan yang perlu dicapai oleh merek sangat penting untuk manajemen merek yang efektif. Bagaimana Anda dapat menentukan tujuan-tujuan ini dan mengimplementasikan rencana yang akan membantu Anda mencapainya? 

Berfokus pada audiens target Anda

Kekuatan merek Anda tergantung pada kemampuan berkonsentrasi. Itulah mengapa mendefinisikan target pasar Anda akan membantu memperkuat efektivitas merek Anda.

Menemukan dan menghancurkan penghalang merek Anda

Saat membuat strategi merek Anda untuk suatu produk atau layanan, penting untuk melakukan analisis yang cermat untuk menentukan hambatan utama yang mungkin Anda hadapi.

Hambatan ini juga dikenal sebagai kondisi pasar yang dapat mencegah produk atau layanan Anda mencapai kesuksesan.

Kemasan merek dan identitas

Merek adalah identitas Anda di pasar, apakah menurut Anda apa yang harus Anda katakan?  Citra perusahaan Anda berkaitan dengan penampilan kemasan Anda. Apa citra perusahaan Anda kepada pasar?

Branding = Tujuan

Secara umum, penciptaan merek dianggap membingungkan atau tidak penting bagi eksekutif senior; Sulit bagi mereka untuk melihat manfaat nyata.

Tanpa strategi merek, itu adalah taman bermain untuk "semuanya berjalan" dan bahkan untuk usaha kecil, ini bisa menjadi posisi yang berbahaya.

Tanpa merek, bisnis tidak memiliki tujuan yang diidentifikasi, tanpa tujuan, bagaimana Anda bisa menonjol dari pesaing Anda?


Post a Comment

If you can't commemt, try using Chrome instead.