Mengapa merek itu penting dalam pemasaran?
December 17, 2019 ・0 comments ・Topic: my business strategi bisnis tutorial
Ada banyak kebingungan
tentang merek, ada banyak definisi. Jadi apa mereknya? Beberapa
dekade yang lalu, merek didefinisikan sebagai nama, slogan, tanda, simbol atau
desain, atau kombinasi dari elemen-elemen ini yang mengidentifikasi produk atau
layanan perusahaan.
Merek diidentifikasi
dari unsur-unsur yang membedakan barang dan / atau jasa dari pesaing.
Saat ini, merek ini
sedikit lebih kompleks, tetapi bahkan lebih penting dalam dunia pemasaran saat
ini.
Ini adalah persepsi
yang dimiliki konsumen ketika dia mendengar atau berpikir tentang nama, layanan
atau produk perusahaannya.
Yang mengatakan, kata
"merek" adalah target yang bergerak dan berkembang dengan perilaku
konsumen.
Anggap saja sebagai
citra mental siapa Anda sebagai perusahaan mewakili konsumen, dipengaruhi oleh
elemen, kata-kata, dan kreativitas yang mengelilinginya.
Apa yang harus
dilakukan merek?
Pengembangan merek
tidak hanya tentang mendapatkan target pasar Anda untuk memilih Anda daripada
pesaing, tetapi juga tentang membuat pelanggan potensial Anda melihat Anda
sebagai satu-satunya penyedia solusi untuk masalah atau kebutuhan Anda.
The tujuan
yang merek yang baik akan mencapai antara lain:
- Jelas, sampaikan pesannya
- Konfirmasikan kredibilitas Anda.
- Hubungkan secara emosional pelanggan potensial Anda dengan produk dan / atau layanan Anda.
- Memotivasi pembeli untuk membeli
- Ciptakan loyalitas pengguna
Merek dan pengertian klien Anda
Untuk berhasil dalam
merek, Anda harus memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan dan prospek Anda.
Ini dicapai dengan
mengintegrasikan strategi merek Anda melalui perusahaan Anda di semua titik
kontak publik.
Pikirkan merek sebagai
ekspresi siapa Anda sebagai perusahaan atau organisasi dan apa yang
ditawarkannya. Apakah itu terdengar sulit? Pikirkan
seperti ini jika sebuah merek dapat berbicara itu akan mengatakan:
- Saya ________________.
- Saya ada karena ________________.
- Jika Anda berhubungan dengan siapa saya dan mengapa saya ada, saya mungkin menyukai Anda, Anda dapat membeli saya dan Anda dapat memberi tahu orang lain tentang saya.
Ketika konsumen mulai
mengidentifikasi diri Anda, merek Anda akan hidup dalam hati dan pikiran
pelanggan, serta prospek.
Ini adalah jumlah
total dari pengalaman dan persepsi mereka, beberapa di antaranya dapat
memengaruhi dan yang lain tidak.
Pentingnya merek
Merek yang solid
sangat berharga karena pertempuran untuk pelanggan semakin meningkat dari hari
ke hari. Penting untuk menginvestasikan waktu dalam meneliti,
mendefinisikan, dan mengembangkan merek Anda. Bagaimanapun, merek Anda
adalah sumber janji bagi konsumen Anda.
Merek Anda adalah
bagian mendasar dalam komunikasi pemasaran Anda dan yang tidak ingin Anda
lakukan tanpanya. Penciptaan merek strategis dan pemasaran bersifat taktis
dan apa yang Anda gunakan untuk membuat merek Anda menjangkau
konsumen. Itulah sebabnya mengapa ia juga sangat penting dalam bisnis atau
organisasi.
Merek berfungsi
sebagai panduan untuk memahami tujuan dari tujuan bisnis. Ini memungkinkan
Anda untuk menyelaraskan rencana pemasaran dengan tujuan-tujuan tersebut dan
memenuhi strategi keseluruhan.
Efektivitas merek
tidak hanya terjadi sebelum pembelian, tetapi juga tentang kehidupan merek dari
pengalaman yang diberikannya kepada konsumen.
Apakah produk atau
layanan memiliki kinerja yang diharapkan? Apakah kualitas sebagus yang
dijanjikan atau lebih baik? Bagaimana pengalaman layanan itu? Jika Anda bisa mendapatkan jawaban
positif untuk pertanyaan-pertanyaan ini, Anda telah menciptakan pelanggan yang
loyal.
Merek tidak hanya
menciptakan pelanggan setia, tetapi menciptakan karyawan yang loyal. Merek
memberi mereka sesuatu untuk dipercaya, sesuatu untuk didukung. Ini
membantu mereka memahami tujuan organisasi atau bisnis.
Daftar periksa dasar untuk mengevaluasi merek
Anda
Merek itu bisa
membingungkan, jadi bagaimana Anda bisa tahu apakah merek Anda cukup
kuat untuk memberi Anda nilai internal dan eksternal yang Anda butuhkan dalam
pemasaran Anda?
- Apakah merek Anda berhubungan dengan audiens target Anda? Akankah mereka "mendapatkannya" secara instan tanpa berpikir terlalu banyak?
- Apakah merek Anda berbagi keunikan dari apa yang ditawarkannya dan mengapa itu penting?
- Apakah itu mencerminkan janji merek yang Anda buat kepada siapa yang Anda targetkan, serta audiens internal Anda?
- Apakah merek Anda mencerminkan nilai-nilai yang ingin Anda wakili sebagai pelanggan?
Izinkan pertanyaan ini
untuk memandu pengembangan merek Anda. Jika jawabannya tidak jelas, Anda
mungkin ingin kembali ke papan dan menyempurnakan proses pengembangan merek.
Sebuah merek haruslah
"ah-ha" instan yang membutuhkan sangat sedikit pemikiran dan
kontemplasi.
Bedakan merek Anda
untuk menciptakan nilai
Untuk membedakan
produk atau layanan Anda, yaitu membuatnya lebih menarik bagi konsumen niche
Anda daripada produk atau layanan pesaing Anda, Anda perlu mengenal konsumen
Anda dengan sangat baik.
Semakin banyak Anda
mengenal audiens target Anda, semakin Anda dapat membedakan. Semakin
banyak perbedaan, semakin sering Anda mencapai target. Pendekatan untuk
segmen dan divisi pemasaran ini selalu merupakan jalan yang harus ditempuh.
Kembangkan strategi Blue Ocean dengan riset
pasar
Strategi Blue
Ocean (pendekatan Zen yang menggerakkan strategi ke perairan yang
belum terbukti dan berpikir dengan cara yang inovatif) bergantung pada
riset pasar yang sangat baik untuk strategi diferensiasinya.
Kecerdasan kompetitif
adalah suatu bentuk riset pasar yang dapat memberikan data yang diperlukan
untuk menghindari pemikiran Laut Merah (yang statis dan terbatas), dan
akan membantu Anda mengidentifikasi berbagai cara untuk memindahkan pendekatan
pemasaran Anda ke cara yang paling diidamkan. Pikirkan Blue Ocean.
Buat profil konsumen berdasarkan penelitian
dan orang-orang
Target pasar dapat
didefinisikan lebih lanjut dengan membangun profil konsumen khusus.
Berbagai teknik riset
pasar dapat digunakan untuk membuat profil atau karakter konsumen ini, termasuk
yang tercantum di bawah ini.
Alasan mengapa hal ini
bermanfaat adalah karena Anda secara alami akan menggunakan jenis strategi
pemasaran yang berbeda jika Anda ingin menjangkau warga lanjut usia di atas 70
tahun yang masih menikah dengan telepon rumah dibandingkan Millenial yang
berasal dari dunia digital.
Studi kasus yang membedakan produk dan layanan
Perusahaan yang tahu
bagaimana melakukan investigasi pasar (dan menggunakan temuan
penelitian secara efektif) dapat menciptakan keunggulan kompetitif
yang hebat di pasar.
Karena imitasi adalah
bentuk sanjungan tertinggi, ada baiknya membaca kisah sukses merek pemasaran
utama yang tahu cara menggunakan riset pasar untuk keuntungan mereka untuk
berbagai tujuan.
Pangsa pasar direncanakan untuk peluncuran
suatu produk
Untuk maju dari kurva,
Anda mungkin perlu menemukan penawaran terbaik untuk segmen pasar yang berbeda
menggunakan sesuatu yang disebut Baynesian Market Simulator.
Seperangkat alat
komprehensif ini menciptakan jaringan yang "mensimulasikan" pangsa
pasar berdasarkan fitur-fitur utama dan tidak memerlukan eksperimen baru dan
seringkali mahal.
Banyak profesional
telah menemukan bahwa menguji situasi yang berbeda berdasarkan penelitian utama
yang ada adalah cara untuk pergi.
Kembangkan strategi bisnis khusus segmen
Semakin banyak Anda
tahu tentang segmen pasar target Anda, semakin mudah untuk memindahkan konsumen
ke atas untuk menjadi penginjil yang mengadvokasi merek Anda.
Pendekatan untuk niat
baik dan duta segmentasi pasar ini membawa pengetahuan konsumen ke tingkat yang
sangat strategis.
Memilih strategi merek
terbaik
Tentukan tujuan merek
Anda dan waktu strategi Anda
Definisi yang jelas
tentang audiens merek Anda dan tujuan yang ingin Anda capai sangat penting
untuk manajemen merek yang efektif. Apa tujuan yang ingin Anda capai
dengan merek Anda?
Mendefinisikan merek
Istilah
"merek" berakar di barat lama: merek itu dibakar di kulit sapi untuk
menunjuk properti. Tentu saja, konsepnya telah banyak berkembang sejak
saat itu, tetapi makna implisitnya tetap sama.
Merek adalah sesuatu yang menandai perusahaan
atau layanan Anda sebagai unik.
Ini termasuk namanya,
tetapi juga mencakup persepsi publik tentang nama itu. Ini membawa hal-hal
tertentu ke pikiran, idealnya layanan berkualitas atau produk disampaikan
dengan keunggulan yang tidak dicapai oleh perusahaan lain.
Imitasi adalah bentuk
sanjungan yang paling tulus, tetapi Anda tidak ingin menjadi
peniru. Tujuan Anda adalah menjadi orang yang awalnya membuka jalan.
Tujuan dari merek Anda
Merek Anda harus terdiri
dari kepribadian dan citra perusahaan Anda, serta kompetensi dan karakteristik
utamanya.
Kesan yang Anda buat,
serta kata-kata yang akan digunakan orang untuk menggambarkan perusahaan Anda
kepada orang lain, adalah kerangka dasar merek Anda.
Ini akan menciptakan
kredibilitas dengan merek yang kuat dan akan memiliki lebih banyak pengaruh di
pasar Anda. Itu harus memotivasi pelanggan dan pelanggan untuk membeli
dari Anda.
Ketika sebuah merek
berhasil, orang akan melihat perusahaan Anda sebagai pemimpin, bukan sebagai
pengikut.
Tentukan tujuan merek Anda
Tanyakan kepada diri
Anda dua pertanyaan kunci untuk membantu menentukan tujuan merek Anda. Apa
yang ingin merek Anda lakukan untuk perusahaan Anda? Dan apa yang Anda
ingin orang lain ketahui dan katakan tentang produk atau layanan Anda?
Beberapa tujuan sampel
mungkin termasuk diakui saat menerima penghargaan tertentu, memilih sejumlah
proyek pilihan, memperoleh sejumlah klien baru di tahun berikutnya dan / atau
memposisikan perusahaan Anda sebagai pemimpin industri di tahun berikutnya. bulan
Buat garis waktu
Anda mungkin menemukan
bahwa lebih mudah untuk mengembangkan rencana aksi untuk mencapai tujuan Anda
jika Anda mendefinisikannya dalam suatu jangka waktu tertentu.
Anda dapat menyusun
rencana tentang cara mencapainya dengan mendefinisikan tujuan Anda dengan cara
ini. Tujuan Anda mungkin untuk memposisikan perusahaan Anda sebagai
pemimpin industri.
Bagaimana Anda bisa
melakukan ini? Anda dapat
mengatur agar anggota tim Anda berbicara di pameran, atau menjadwalkan
konferensi pada pertemuan kelompok profesional dalam industri Anda.
Anda mungkin ingin
menulis dan menerbitkan artikel di koran, majalah, atau media online.
Ketika Anda telah
menentukan tujuan Anda, langkah selanjutnya adalah membangun dan mengembangkan
strategi merek Anda dengan mendaftar bagaimana, kapan dan apa yang akan Anda
lakukan untuk mencapai dan mencapainya.
Gunakan pertanyaan di
atas untuk menentukan apa tujuan merek Anda, kemudian daftarkan masing-masing
dan rencanakan bagaimana Anda berencana untuk mencapainya dan berhasil
mencapainya.
Jangan berhenti di
situ, dan jangan lupa timeline itu. Setelah selesai, luangkan waktu untuk
membuat daftar apa yang dapat Anda lakukan bulan ini atau selama kuartal ini
untuk memenuhi tujuan tertentu.
Spesifik dan jadwalkan
item tindakan ini dalam kalender bisnis Anda.
Bagaimana
mengembangkan strategi merek Anda
Panduan langkah demi
langkah
Mengembangkan strategi
merek dapat menjadi salah satu langkah paling sulit dalam proses
perencanaan pemasaran.
Seringkali elemen yang
menyebabkan sebagian besar perusahaan tantangan terbesar, tetapi merupakan
langkah penting dalam penciptaan identitas perusahaan.
Strategi merek Anda akan mengidentifikasi
tiga komponen utama bisnis Anda berikut ini, dan kemudian Anda dapat
menggunakannya sebagai model dalam mengembangkan strategi dan taktik
pemasaran Anda .
- Tujuan: Bisnis Anda harus memiliki tujuan fungsional dan disengaja.
- Konsistensi: Tanpa konsistensi, sebuah perusahaan akan mengalami kesulitan untuk bertahan hidup.
- Dampak emosional: emosi adalah apa yang membantu klien terhubung dengan Anda. Strategi merek membantu Anda mengembangkan emosi yang Anda kejar.
Identitas merek Anda
akan dikomunikasikan berulang kali, dalam berbagai cara, sering dan secara
konsisten sepanjang kehidupan bisnis Anda.
Untuk mulai
mengembangkan strategi merek Anda, Anda harus memahami keempat komponen
pemasaran ini:
- Pelanggan sasaran utama dan / atau klien
- Persaingan
- Gabungan produk dan layanan
- Proposal penjualan tunggal
Dengan
mengidentifikasi komponen-komponen ini dari rencana pemasaran Anda, Anda telah
menciptakan dasar untuk merancang strategi merek Anda.
Proses branding yang
efektif akan menciptakan identitas unik yang membedakannya dari
pesaing. Itulah sebabnya sering dianggap sebagai jantung dari strategi
kompetitif.
Penciptaan strategi
merek Anda dapat dengan mudah dilakukan dengan mengikuti panduan langkah demi
langkah di bawah ini.
Apa itu branding?
Merek yang solid
sangat berharga karena pertempuran untuk pelanggan semakin meningkat dari hari
ke hari. Penting untuk menginvestasikan waktu dalam meneliti,
mendefinisikan, dan mengembangkan merek Anda.
Bagaimanapun, merek
Anda adalah sumber janji bagi konsumen Anda. Ini adalah bagian mendasar
dalam komunikasi pemasaran Anda dan yang tidak Anda inginkan.
Cara mendefinisikan merek Anda
Ini adalah langkah
pertama dalam proses pengembangan strategi merek Anda. Dengan menentukan
siapa merek Anda, Anda akan menciptakan dasar yang menjadi dasar semua komponen
lainnya. Definisi merek Anda akan menjadi tolok ukur Anda ketika
mengevaluasi setiap dan semua materi pemasaran dan
strategi .
Tentukan tujuan merek Anda
Definisi yang jelas
dari audiens merek dan tujuan yang perlu dicapai oleh merek sangat penting
untuk manajemen merek yang efektif. Bagaimana Anda dapat menentukan
tujuan-tujuan ini dan mengimplementasikan rencana yang akan membantu Anda
mencapainya?
Berfokus pada audiens target Anda
Kekuatan merek Anda
tergantung pada kemampuan berkonsentrasi. Itulah mengapa mendefinisikan
target pasar Anda akan membantu memperkuat efektivitas merek Anda.
Menemukan dan menghancurkan penghalang merek Anda
Saat membuat strategi
merek Anda untuk suatu produk atau layanan, penting untuk melakukan analisis
yang cermat untuk menentukan hambatan utama yang mungkin Anda hadapi.
Hambatan ini juga
dikenal sebagai kondisi pasar yang dapat mencegah produk atau layanan Anda
mencapai kesuksesan.
Kemasan merek dan identitas
Merek adalah identitas
Anda di pasar, apakah menurut Anda apa yang harus Anda katakan? Citra
perusahaan Anda berkaitan dengan penampilan kemasan Anda. Apa citra
perusahaan Anda kepada pasar?
Branding = Tujuan
Secara umum,
penciptaan merek dianggap membingungkan atau tidak penting bagi eksekutif
senior; Sulit bagi mereka untuk melihat manfaat nyata.
Tanpa strategi merek,
itu adalah taman bermain untuk "semuanya berjalan" dan bahkan untuk
usaha kecil, ini bisa menjadi posisi yang berbahaya.
Tanpa merek, bisnis
tidak memiliki tujuan yang diidentifikasi, tanpa tujuan, bagaimana Anda bisa
menonjol dari pesaing Anda?
Post a Comment
If you can't commemt, try using Chrome instead.